Senin, 13 Februari 2017

SEJARAH PROYEKTOR

          Apakah readers tahu proyektor? Atau bahkan readers sering menggunakannya? Kalau begitu tahu dong sejarah proyektor itu seperti apa. Nah, bagi yang belum tahu proyektor itu apa dan sejarahnya bagaimana, writer akan jelaskan. Scroll down, yuk!

A. PENGERTIAN PROYEKTOR
          Proyektor adalah sebuah alat yang digunakan untuk memproyeksikan sesuatu yang akan ditampilkan dalam ukuran yang lebih besar.

          Proyektor sangat bermanfaat dalam proses pekerjaan manusia. Contohnya seperti dalam bidang pembelajaran, biasanya para guru memanfaatkan alat ini untuk menerangkan materi kepada muridnya degan tujuan agar sang murid mampu mengerti materi dengan lebih cepat.

          Pada umumnya fungsi proyektor ialah untuk memperbesar tampilan dari ukuran aslinya.

B. SEJARAH PROYEKTOR
          Teknologi yang sekarang canggih-canggih pasti mempunyai sejarahnya. Begitu juga dengan proyektor. Proyektor pertama kali ditemukan oleh Gene Dolgoff yang pada saat itu ia bekerja di dalam kampusnya pada tahun 1968 di New York. Dia terus berusaha untuk mengembangkan penemuannya itu, dan pada tahun 1989 Gene Dolgoof yang ditemani oleh temannya yang bernama Leon Shapiro memutuskan untuk bergabung menjadi anggota Nasional Asosiasi Produsen Fotografi Standar sub Komite. 

          Setiap tahunnya penampilan proyektor berubah-ubah. Berawal dari teknologi yang digunakan beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi. Proyektor ini menggunakan sistem proyeksi TV set besar yakni memungkinkan kualitas gambar yang baik sebagai sanggahan satu TV 60 inci.


C. JENIS - JENIS DARI PROYEKTOR
          Seiring berjalannya waktu, proyektor semakin canggih sehingga terdapat beberapa jenis yang berbeda, yakni:

1. LCD (Liquid Crystal Display)
          Adalah jenis proyektor yang paling sering digunakan di pasaran. Dalam menghasilkan gambar, ternyata LCD ini mampu menampilkan kualitas gambar yang cukup bagus.
PROYEKTOR JENIS LCD

2. DLP (Digital Light Processing)
          Adalah jenis proyektor yang sudah lama dikembangkan di Texas Instruments dengan menggunakan basis teknologi yang diberi nama DMD (Digital Micomirror Device) yang dimana terbuat dari jutaan cermin berukuran kecil-kecil.
PROYEKTOR JENIS DLP

3. LCoS (Liquid Crystal on Silicon)
          Adalah jenis proyektor yang merupakan gabungan dari LCD dan DLP. Citra basis yang masuk pun memiliki warna RGB (Red, Green, Blue).

PROYEKTOR JENIS LCoS

4. CRT (Cathode Rays Tube)
          Adalah jenis proyektor yang menggunakan prinsip penembakan sinar katoda. CRT mampu menghasilkan gambar yang memuaskan. CRT tidak memiliki bola lampu yang harus diganti. 

PROYEKTOR JENIS CRT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar