Selasa, 31 Januari 2017

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STOPMOTION

Ternyata stopmotion memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa sajakah itu? Lets, read more!

- Kelebihan -
1. Siapapun dapat membuatnya. Karena stopmotion ini tidak membutuhkan keterampilan yang khusus serta pengetahuan yang tinggi. Kalau readers paham apa itu stopmotion dan langkah-langkah membuatnya, serta tahu seperti apa itu stopmotion, readers pasti bisa membuatnya.

2. Tidak diperlukan peralatan yang rumit. Dalam pembuatan stopmotion, alat yang dibutuhkan hanya kamera, tripod, background, dan objek dari stopmotion itu sendiri. Readers bisa membuat objek dari kertas yang digambar lalu digunting, atau dengan menggunakan lilin mainan yang mudah dibentuk.

-Kekurangan -
1. Proses pengerjaannya yang lama. Karena, setiap pergerakan harus di foto untuk memberikan kesan hidup pada benda mati.

2. Konsep harus matang.

3. Diperlukan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi. Selain pengerjaannya yang lama, dalam pembuatan stopmotion ini diperlukan ketelitian dan ketelatenan dari dalam diri readers. Ketelitian disini artinya sebisa mungkin readers membuat pergerakan sehalus mungkin di setiap frame. Dan ketelatenan disini artinya adalah readers harus sabar dalam mengerjakan stopmotion, readers harus melakukan kegiatan yang berulang-ulang yaitu setiap pergerakan difoto hingga akhir cerita selesai.

4. Keterbatasan gerak objek. Maksudnya ialah pergerakan objek tergantung dengan background yang dibuat. Jika readers membuat backgroundnya kecil, maka pergerakan objek akan sempit (tidak leluasa), begitu juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar